Monday, September 12, 2011

Kerusakan Pada Turbo Charge


I. Kerusakan mekanisme yang disebabkan karena kurangnya pelumasan
Saat engine starts up turbo mulai berputar, pada saat itu oli membutuhkan waktu untuk bersirkulasi, karena itu akselerasi pada engine atau pengoperasian engine dengan beban akan menyebabkan turbo mengalami kekurangan pelumasan, akibatnya besarnya gesekan pada bearing atau komponen-komponen yang bergesekan (running part).
Contoh kasus
  1. Setelah disimpan dalam waktu yang lama (after long storage)
  2. Setelah penggantian oli
  3. Setelah penggantian oli filter
  4. Pada saat pemanasan (warming up) di musim dingin
 (pelumasan tidak bisa efektif karena viskositas oli yang tinggi)
  1. Akselerasi yang tiba-tiba pada saat engine baru start
  2. mesin mari mendadak
Tambahan
kebuntuhan (cloged) pada saluran pelumasan, kebocoran dalam sistem pelumasan, kerusakan (crushed) pada pipa dan pompa oli yang tidak bekerja dengan optimal.

II. Kerusakan yang disebabkan oleh turunnya kualitas oli (oil deteriorated).
Efek:
  1. Scufed (tergores) atau kerusakan pada journal bearing
  2. Thrust collar mengalami goresan (pick up) atau scufing (lecet) pada bagian yang bersentuhan dengan journal bearing
  3. Thrust bearings dan thrust collar mengalami goresan (scufed) dan kerusakan setelah lama beroperasi
  4. Turbin shaft mengalami gorsan (scufed) pada bagian yang sliding dengan journal bearing.

III. Kerusakan yang disebabkan oleh benda asing (contoh nuts, stone, washers etc) di air intake system.

Debu, benda asing dll yang masuk melalui air intake piping menyebabkan kerusakan atau perubahan bentuk (deformation) pada impeler dan juga menyebabkan terjadinya noise
Penyebab:
  1. air cleaner element is broken
  2. air leakage (kebocoran) dari sambungan intake manifold
IV. Kerusakan yang disebabkan oleh benda asing (contoh nuts, stone, washers etc) di air exhaust system.
Benda asing dll yang ada pada saluran exhaust menyebabkan kerusakan atau perubahan bentuk (deformation) pada impeler dan juga menyebabkan  terjadinya noise.
Penyebab :
  1. kerusakan pada engine inner part (valve, valve seat, cotter dll)
  2. serpihan dari dalam exhaust sistem (kerak (casting sand) yang lepas, beram (burrs), dll)
V.    Kerusakan karena temperatur terlalu tinggi
Saat exhaust temperatur naik berlebihan, temperatur turbo charge dan komponen-komponennya akan ikut naik, pada saat itu turbin,impeler dan bearing akan contact dan mengalami kerusakan
Penyebab
  1. fuel injection berlebihan yang disebabkan oleh peng-adjust-an fuel injection pump yang kurang tepat
  2. pembakaran tidak sempurna (abnormal combustion) yang disebabkan oleh kualitas penyemprotan fuel injection nozzel dan timing injeksinya.
  3. pembakaran yang tidak merata yang disebabkan karena air cleaner buntu, air cleaner element yang buntu atau (cloged) atau leaking air pipe
KEBOCORAN OLI DAN AKIBATNYA
Kebocoran oli dari Turbocharger mengakibatkan kontaminasi , deterioration, bertambahnya oli consumption warna gas buang abnormal dan kebakaran .
Pipa kembali pada pelumasan tersumbat
Tekanan oli terlalu tinggi
Bila tekanan oli terlalu tinggi misal terjadi kesalahan pada Regulator valve, maka sama halnya dengan 
kebocoran bila oli Return tersumbat dan Blow by pressure y ang t e r la lu tinggi .
Bila pipa kembali tersumbat kotoran maka tekanan pada turbocharger makin bertambah, akibatnya oli bocor  melalui seal-seal pada sisi blower serta sisi turbin pada Turbocharger .

 Blow by pressure yang  terlalu tinggi
Bila Blow by pressure ( tekanan dalam cylinder block ) terlalu tinggi misal breather tersumbat dll, sedangkan te­kanan tersebut berhubungan dengan oli yang kembali dari pelumasan Turbocharger, akibatnya oli naik keatas dan bocor melalui seal sisi blower dan sisi turbine .
Kasalahan pemasangan pada pipa masuk dan oli yang kembali ( return )



 Bila kekencangan. baut pada pipa masuk dan pipa return kendor atau pipanya rusak pada sambungannya maka oli akan bocor melalui sambungan-sambungan tersebut.

Terlalu lama dalam kondisi Low Idling

Idling terlalu lama akan mengakibatkan. oli bocor pada sisi turbine. Jangan. running pada posisl low idle lebih dari 20 menit. Selama operasi low idle gunkanlah beban untuk turbocharger sedikit demi sedikit .

Terlalu lama pada kondisi High Idling .
Operasi pada hight idling terlalu lama mengakibatkan oli bocor pada sisi blower, jangan running pada high idling lebih dari 20 menit.

Element air cleaner buntu

 Bila engine operasi terus menerus dengan hambatan yang besar pada air cleaner element, disebabkan air cle­aner element tersumbat, maka oli akan bocor kesisi blower, maka periksa yg teliti dan bersihkan air cleaner element.



Gejala Kerusakan karena kebocoran

Ditempat kebocoran oli terlihat membara dan warna asap ke biru-biruan. Oli  kemasukan kotoran pada sisi blower dan oli kemasukan kotoran pada sisi turbin. Dengan demikian oli akan.keluar lewat Turbocharger .


Kerusakan  Seal
Dalam hal ini bila pada item-item tsb pada kondisi normal, maka oli bocor karena seal-sealnya sudah aus.



CATATAN

Oli bocor dari seal  Blower atau Turbine
Tekanan yang bekerja pada sisi turbine pada

turbocharger tergantung dari jumlah gas
buang ( jumlah udara masuk X temperatur
dari pembakaran gas ). Sedangkan jumlah pembakaran gas tergantung dari jumlah fuel yang disemprotkan . Disisi lain pressure yang bekerja pada Turbocharger sisi blower terdiri dari negative pressure ( isapan ) pada cylinder sesuai dengan putaran engine. Sedangkan pada supercharging pressure sesuai dengan jumlah dari gas buang. Selanjutnya blow by pressure akan timbul didalam turbocharger
Pada operasi normal tekanan yang bekerja pada sisi turbine, sisi blower dan didalam turbocharger harus dipertahankan pada kondisi yang seimbang.
”Operasi pada putaran tinggi tanpa beban negative pressure yang bekerja pada cylinder bertambah. Bila operasi terus menerus maka oli akan bocor di sisi blower, sama halnya bila terjadi hambatan yang besar pada sisi udara masuk karena Air cleaner element buntu”.
”Operasi pada low idle tanpa beban ( low idling operation ) maka tekanan pada sisi Exhaust akan turun, bila dioperasikan terus menerus pada kondisi yang demikian maka kotoran akan masuk lewat seal turbine dan oli bocor kesisi turbine”. Kebocoran oli tersebut dapat menimbulkan kebakaran bila unit beroperasi dengan dibebani. 




20 comments:

  1. wow... materinya cukup lengkap,, boleh Tanya nggak nih alas an lebih spesifik tentang kenapa turbo nggak boleh running high/idle slma 20 menit.... ??? mksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. penasaran juga ini.....masih ngambang penjelasannya.....kurang berdasar

      Delete
    2. seperti batu yang dilepar di atas air akan mengambang memantul.....jika low idle terlalu lama tekanan oli engine menjadi rendah sehingga supply oli ke shaft turbo juga menurun mengakibatkan clearance antara shaft turbo dan dudukannya aus

      Delete
  2. punya materi ttg CRI g????please..

    ReplyDelete
  3. terima kasih,, sngat membantu sekali ..

    ReplyDelete
  4. mantap... mas rimin,sangat membantu sekali.
    aku minta penjelasan mengenai penggunaan foot brake pada HD 785 -7 donk Mas... sebenarnya boleh atau ga sih digunakan diatas kecepatan 10 km/jam ?

    ReplyDelete
  5. tolong jelaskan penyebab bocornya seal pada sisi blower akibat air cleaner buntu,,

    ReplyDelete
  6. Rimin masih ingat aku?
    Ku dulu sama- sama 1 mess di Maburai ADRO.
    Ndak sengaja nemu blok mu waktu nyari materi ttg turbo

    ReplyDelete
  7. gimana cara kerja turbo saat terbebani n tidak terbebabani?

    ReplyDelete
  8. Aku minta jawaban ke kalian semua jika kalian tau..
    Ak menemui unit genset EGS 630, putaran rpm tetap (fix) 1500 rpm, namun ketika itu Engine load rendah Saat unit beroperasi dan di temukan kebocoran oli pada sisi turbin, apa penyebab oli itu bisa bocor ke Seal sisi turbin sedangkan RPM engine tidak pernah Low idle.. ? Mohon bantuannya gan semua ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Sama persis yg sy alami di genset caterpillar 3412C. Info dari trakindo karena beban pemakaian di bawah 30%. Apakah iya????????????

      Delete
  9. makasih info manifold nya sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  10. Mksh bnget atas penjelasanya Mas..

    ReplyDelete
  11. Apa sma Mas cara kerja turbo di mesin kapal..

    ReplyDelete
  12. Mau tanya mas. Suara turbo canter saya tiba tiba tidak bunyi saat jalan.
    Lalu saya istirahat sebentar, setelah istirahat dan dibawa jalan, tarikan awalnya asapnya ngebul.
    Itu pertanda kerusakan apa ya mas?
    Dan kalau saya coba ganti oli mesin dan filternya apa suara turbo nya bisa balik lagi?

    ReplyDelete
  13. Mau tanya mas. Suara turbo canter saya tiba tiba tidak bunyi saat jalan.
    Lalu saya istirahat sebentar, setelah istirahat dan dibawa jalan, tarikan awalnya asapnya ngebul.
    Itu pertanda kerusakan apa ya mas?
    Dan kalau saya coba ganti oli mesin dan filternya apa suara turbo nya bisa balik lagi?

    ReplyDelete
  14. Halo, saya mau bertanya
    Apakah running low idle dan high idle selama 20 menit berlalu juga pada engine Ford ranger 2.2 xlt,
    Mohon infonya mas🙏🙏

    ReplyDelete